PUSAKA MPA

Minangkabau

PUSAKA MPA

Urang Awak

PUSAKA MPA

Adat

PUSAKA MPA

Warisan

PUSAKA MPA

Sejarah

Thursday, 5 May 2011

Aku yang Mencari....!


"Maka ke mana sahaja kamu arahkan diri (ke kiblat untuk menghadap Allah), di situlah arah yang diredhoi Allah."
[Al-Baqarah : 15]

"Maha Suci Allah yang ditangan-Nyalah terletak segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa ke atas segala sesuatu. Yang menjadikan mati dan hidup supaya Dia menguji kamu siapakah di antara kamu yang lebih baik amalannya, dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun. Yang telah mencipta tujuh lagit berlapis-lapis;  kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan yang Maha Pemurah sesuatu pun yang tidak seimbang. Oleh itu lihatlah berulang-ulang kali adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang. Kemudian pandanglah sekali lagi nescaya penglihatanmu akan kembali kepadamu dengan tidak menemukan sesuatu cacat dan penglihatanmu itu pun dalam keadaan payah." [Al-Mulk : 1-4]

"(Allah) yang mempunyai kuasa pemerintah, Engkaulah yang memberi kuasa pemerintahan kepada sesiapa yang Engkau kehendaki, dan Engkaulah yang mencabut kuasa pemerintahan dari sesiapa yang Engkau kehendaki, Engkaulah juga yang memuliakan sesiapa yang Engkau kehendaki dan Engkaulah yang menghina sesiapa yang Engkau kehendaki."  [Ali-Imran : 26]

Di mana pun mereka berada maka Allah ada bersamanya. Dia lebih hampir dari urat lehernya; lebih dekat dari teman duduk dan teman hidupnya. Allah melimpahi seluruh dirinya, lalu tidak ada yang dilihat selain hanya Dia sahaja, yang bersifat Qayyum di langit dan di bumi. Tidak melihat selain dari hanya Dia yang mengurus segala sesuatu, dari yang sekecil-kecilnya hinggalah yang sebesar-besarnya. Ia tidak melihat selain dari hanya Dia yang memiliki kekuasaan.

"Jangan tunduk kepada hawa nafsumu, jika kamu tunduk kepadanya ia akan mempengaruhi kamu supaya membuat dosa dan maksiat. Dan dunia ini mencari hidup berakhlak, tetapi kamu carilah hidup Ketuhanan, itu lebih baik.  Walaupun sedikit kamu mendapat hidup Ketuhanan itu, maka ianya adalah lebih baik dari semua amalan yang dilakukan oleh manusia dan Malaikat dan ingat!  Selagi seseorang itu di dalam kesedaran pancainderanya jangan sekali-kali menyebut (Ana Al-Haq) "Aku Yang Benar" atau akulah Tuhan, sama ada lisan maupun di dalam hati. Kerana selagi ia manusia, ia bukanlah Tuhan. Jika ia menyebut perkataan itu, maka ia adalah palsu dan bid'ah." - Hadhrat Mansur Al-Hallaj


Cermin Diri - Ajaran para Wali


“Mengenai langkah yang harus dijalani, janganlah kamu berlebihan, hiduplah dengan bersahaja, jangan sombong dalam berbicara, dan jangan berlebihan terhadap manusia. Itulah langkah sempurna yang sejati.Bertapa di gunung atau di gua itu akan menjadikanmu takabur, lakukanlah tapa di tengah ramainya manusia. Milikilah sikap luhur dan maafkanlah orang yang salah" - Syekh Syarif Hidayatullah Sunan Gunang Jati

Itulah antara kalimah yang seringkali diucapkan oleh para wali. Amat tertarik untuk umum mengetahui secara mendalam ajaran-ajaran para wali di pulau Jawa. Sebagai contoh, ajaran dari Sunan Bonang yang gemar menciptakan lagu-lagu rakyat di dalam dakwah beliau. Salah satu cara yang amat popular hingga ke hari ini adalah ' Tombo Ati'  (terjemahan dari syair asli berbahasa Jawa):
"Obat hati ada lima perkara.
Yang pertama, baca Qur’an dan maknanya.
Yang kedua, shalat malam dirikanlah.
Yang ketiga, berkumpulah dengan orang saleh.
Yang keempat, perbanyaklah berpuasa.
Yang kelima, dzikir malam perpanjanglah.
Barang sesiapa yang mampu melaksanakan salah satunya,
semoga Allah memberikan penyembuhnya".

Yang menjadi persoalan, adalah fakta sejarah bahawa para wali itu sebahagian besar dari mereka adalah orang-orang asing @ luar dari Tanah Jawa. Menurut Sudirman Tebba dalam bukunya “Mengenal Wajah Islam yang ramah” (Pustaka Irvan,2007) dan juga "Sajarah Wali"  dalam naskah Mertasinga, kebanyakkan para wali berasal dari tanah Arab dan Campa. Jelas sekali orang-orang asinglah yang khususnya datang dan berkumpul ke pulau Jawa untuk menyebarkan dakwah dan sinar Islam!

Syekh Syarif Hidayatullah sendiri serta Sunan Kudus mempunyai darah Arab. Wali-wali yang lain seperti Sunan Ampel, Sunan Giri dan Sunan Bonang yang mempunyai hubungan kekeluargaan satu sama lain, merupakan keturunan dari Campa, perdebatan sering merujuk Campa @ Kemboja. Mengapa mereka datang ke pulau Jawa? Begitu juga lebih hebat lagi bagaimana mereka yang berdarah asing itu dapat menanamkan nilai-nilai Islam sesuai dengan nilai dan adat kebudayaan tempatan @ ‘berdakwah dengan “bahasa” penduduk asli?  Ini belum lagi kita menceritakan 'kehebatan' ilmu perang @ persilatan mereka yang dapat menundukkan kekuatan pahlawan-pahlawan dan Raja-raja tempatan yang ada ketika itu. Dari perspektif yang agak berlainan, kalau 'orang asing' dapat mempengaruhi rakyat tempatan dalam mengembang syiar Islam dan menundukkan pemerintah yang sedia ada, mungkinkah juga Tuah  sebagai hulubalang 'asing' sememangnya mampu mengalahkan mana-mana pahlawan yang ada ketika itu tanpa Taming Sari?

Thursday, 17 March 2011

Perlukah Kita Bertaubat ?


Pernahkah kita terfikir mengenai dosa-dosa yang belum ditebus dengan taubat? Pintu kepada perbendaharaan Allah s.w.t yang tersembunyi adalah taubat dan, dengan tidak berusaha untuk menebus dosa-dosa ini akan menghalang seseorang daripada memahami rahsia-rahsia Allah yang halus-halus ! Orang yang telah menyuci-bersihkan hatinya hanya mampu berdiri di luar pintu Rahsia Allah s.w.t selagi dia belum bertaubat, samalah seperti orang yang mati syahid yang belum menjelaskan hutangnya terpaksa menunggu di luar syurga. Jika dia mahu masuk ke dalam Perbendaharaan Allah s.w.t yang tersembunyi yang mengandungi rahsia yang halus-halus wajiblah bertaubat.

Taubat itu sendiri merupakan rahsia yang halus. Orang yang tidak memahami rahsia taubat tidak akan mengerti mengapa Rasulullah s.a.w yang tidak pernah melakukan dosa masih juga memohon keampunan sedangkan sekalipun baginda s.a.w berdosa semuanya diampunkan Allah s.w.t. Adakah Rasulullah s.a.w tidak yakin bahawa Allah s.w.t mengampunkan semua dosa-dosa dan kesalahan-kesalahan baginda s.a.w (jika ada)?

Maksud taubat ialah kembali, iaitu kembali kepada Allah s.w.t. Orang yang melakukan dosa tercampak jauh daripada Allah s.w.t. Walaupun orang ini sudah berhenti melakukan dosa malah dia sudah melakukan amal ibadat dengan banyaknya namun, tanpa taubat dia tetap tinggal berjauhan dari Allah s.w.t. Dia telah masuk ke dalam golongan hamba yang melakukan amal salih tetapi yang berjauhan bukan berdekatan dengan Allah s.w.t. Taubat yang lebih halus ialah pengayatan kalimat:

Laa Hau la wala quwata illa billah.”

"Tiada daya dan upaya melainkan anugerah Allah s.w.t."
Inna Lillillahi wa-inna ilai-irajiun
"Kami datang dari Allah s.w.t dan kepada Allah s.w.t kami kembali."

Segala sesuatu datangnya dari Allah s.w.t, sama ada baik kehendak mahupun perbuatan kita. Sumber yang mendatangkan segala sesuatu adalah Uluhiyah (Tuhan) dan yang menerimanya adalah ubudiyah (hamba). Apa sahaja yang dari Uluhiyah adalah sempurna dan apa sahaja yang terbit dari ubudiyah adalah tidak sempurna. Uluhiyah membekalkan kesempurnaan tetapi ubudiyah tidak dapat melaksanakan kesempurnaan itu. Jadi, ubudiyah berkewajipan mengembalikan kesempurnaan itu kepada Uluhiyah dengan memohon keampunan dan bertaubat sebagai menampung kecacatan. Segala urusan dikembalikan kepada Allah s.w.t. Semakin tinggi makrifat seseorang hamba semakin kuat ubudiyahnya dan semakin kerap dia memohon keampunan dari Allah s.w.t, mengembalikan setiap urusan kepada Allah s.w.t, sumber datangnya segala urusan.

Apabila hamba mengembalikan urusannya kepada Allah s.w.t maka Dia sendiri yang akan mengajarkan Ilmu-Nya yang halus-halus agar kehendak hamba itu bersesuaian dengan Iradat Allah s.w.t, kuasa hamba sesuai dengan Kudrat Allah s.w.t, hidup hamba sesuai dengan Hayat Allah s.w.t dan pengetahuan hamba sesuai dengan Ilmu Allah s.w.t, dengan itu jadilah hamba mendengar kerana Sama’ Allah s.w.t, melihat kerana Basar Allah s.w.t dan berkata-kata kerana Kalam Allah s.w.t. Apabila semuanya berkumpul pada seorang hamba maka jadilah hamba itu Insan Sirullah (Rahsia Allah s.w.t).

- Petikan -

Sunday, 13 March 2011

Ritual Membuat Keris


Setiap kali seorang empu membuat keris, sesuai dengan tata cara baku, dia harus terlebih dahulu mempersiapkan diri secara batin. Dia harus membersihkan jiwa raganya, lahir batin dengan cara berpuasa, mengurangi tidur dan tidur sebentar sesudah tengah malam, berhari-hari melakukan meditasi. Dia dengan khusuk memohon kepada Gusti, Tuhan untuk membuat keris yang bagus dan cocok untuk pemesannya.

Sang Empu juga memohon supaya selama proses pembuatan segalanya berjalan lancar, aman; dia, para pembantunya dan si pemesan supaya selamat dan supaya dia diberi berkah untuk berhasil membuat keris sesuai dengan permintaan pelanggannya. Dia juga akan memohon restu dari gurunya atau almarhum gurunya dalam meditasinya.

Sesudah yakin bahwa dia telah mendapatkan berkah Ilahi, dia juga akan meminta supaya si pemesan juga melakukan tirakatan dengan membersihkan jiwa raganya lahir batin dan berdoa kepada Gusti, Tuhan supaya diperkenankan untuk mempunyai keris baru yang bagus dan cocok. Bila perlu dia juga harus berpuasa untuk beberapa hari. Yang paling penting, selama proses pembuatan keris, dia harus mempunyai pikiran dan hati yang bersih. Empu akan mencatat nama lengkapnya, pekerjaannya, hari, tanggal, bulan dan tahun kelahirannya, bentuk /dapur keris dan pamor keris yang diminta dan tentu saja harapan akan mission kerisnya.

Maklumat tersebut akan dipergunakan oleh Empu untuk mulai pembuatan keris, supaya bisa dibuat keris yang berkualitas. Seperti dalam adat, sesaji tradisional diadakan dan ditaruh dalam besalen dengan tujuan positif untuk mendapatkan berkah dan perlindungan Gusti, Tuhan selama berlangsungnya proses pembuatan keris. Keris apa yang akan dibuat dan apa misi dari keris tersebut, itu tentu disesuaikan dari pekerjaan si pemesan ( tapi ramai di kalangan kita bila menginginkan sesorang empu @ pandai besi @ tukang membuatkannya sebilah keris, terus dinyatakan hasratnya sbg contoh bilahnya dapur pendhowo limo. Sesuai atau tidak pada dirinya, tidak diambil kira. Got money apa bentuk dapur bisa diuruskan!).

Semua orang tentu mempunyai kemauan yang baik, tetapi setiap profesi tentu mempunyai ke-khasan masing-masing.Misalnya ada berbagai profesi seperti : raja, pejabat tinggi negara, birokrat, prajurit, saudagar, petani, executive, diplomat, guru, satpam, dll. Sehingga, kiranya mudah dimengerti bahwa sebuah keris yang bagus untuk seorang pedagang, belum tentu cocok dipakai oleh pegawai negeri sipil (kalau kerja angkat air apa bisa memiliki keris dapur sabuk inten?).
Selain enerji spiritual asli yang diciptakan selama proses pembuatan keris, ada pula keris yang “diisi” oleh mahluk halus yang disebut qodam untuk membantu melindungi atau menolong pemilik keris.

Sifat Fisik Keris

Ada Keris Lurus dan Keris Luk. Ada berbagai macam Keris Luk seperti Keris Luk 3, artinya keris dengan belok 3, ada Keris Luk 5, Keris Luk 7, Keris Luk 9 dll. Sebagai contoh :

Keris Lurus melambangkan kepercayaan diri dan mental yang kuat.
Keris Luk 3 melambangkan keberhasilan cita-cita.
Keris Luk 5 melambangkan : dicintai oleh banyak orang.
Keris Luk 7 melambangkan kewibawaan.
Keris Luk 9 melambangkan kewibawaan, kharisme dan kepempiminan.
Keris Luk 11 melambangkan kemampuan untuk mencapai pangkat tinggi.
Keris Luk 13 melambangkan : kehidupan stabil dan tenang.

Antara dapur-dapur yang terkenal :
Sempana artinya mimpi, maksudnya terimalah pengetahuan atau ajaran itu secara bijak.


Tilam Upih adalah untuk mengingatkan : Sebaiknya anda memperlakukan orang lain seperti anda memperlakukan istri anda, artinya dengan baik dan penuh perhatian. Demikian juga perlakuan anda terhadap keris anda, seyogyanya seperti perlakuan kepada istri .

Karno Tinanding . Ini mengingatkan supaya setiap saat orang itu terus belajar untuk menambah ilmu dan ketrampilannya. Didunia ini harus siap berlomba untuk menambah kepandaian. Itulah makna kehidupan, tidak ada yang kalah.

Sabuk Inten adalah permata sangat indah. Untuk menjadi orang yang mulia dan dihormati, anda harus punya budi pekerti luhur, tata krama dan tata susila.

Pandawa Cinarita supaya panca indera tenang dan terkendali baik, anda harus sabar, menyukuri apa yang telah anda dapatkan selama ini.


Jangkung artinya tinggi semampai, maksudnya anda dilindungi dengan baik.



Petikan : http://kejawen-religion.blogspot.com/2010/07/keris_2788.html

Sunday, 27 February 2011

Makna Dan Filosofi Badik Untuk Suku Bugis - Makassar

Setiap suku di Indonesia memiliki senjata yang dimiliki secara turun temurun, dan itu dipelihara bahkan ada sebagian yang sangat dihormati dan bahkan dikeramatkan, sehingga memiliki nilai tersendiri bagi masyarakatnya, Misalnya keris bagi orang jawa, rencong bagi orang Aceh, celurit bagi orang Madura, badik bagi orang Makassar-Bugis, dan lain-lain.
Bagi Orang bugis-Makassar, badik adalah suatu kehormatan, bahkan dianggap tidak menjadi laki-laki dirinya kalau tidak dengan badik bahkan badik dianggap pendamping hidup. Menurut orang bugis-makassar, badik adalah pelengkap rusuk kiri laki-laki, pleh karenanya posisi badik selalu diselipkan disebelah kiri. Karena itu badik bagi orang bugis- Makassar, bukan sekedar gagahan atau digunakan tidak pada tempatnya, apalagi jika sembarang dipakai atau digunakan. Bagi orang Makassar, ketika badik sudah tercabut dari banuanna (sarungnya), itu berarti kehormatan sudah diambang batas, artinya tidak ada lagi jalan lain yang dapat di tempuh, sehingga ketika badik keluar dari sarungnya itu berarti sudah pertarungan antara hidup dan mati, karena itu menyankut sirik yang harus dipertahankan.
Nilai inilah yang tidak lagi dipahami oleh sebagian anak-anak muda bugis-Makassar sekarang, banyak diantara mereka hanya karena persoalan sedikit saja badik sudah keluar dari banuanna (sarungnya), padahal mungkin masih ada jalan lain yang dapat ditempuh. Kembalikanlah makna badik itu kepada makna filosopinya.

Petikan : http://www.tenriewa.co.cc/2010/12/makna-dan-filosofi-badik-untuk-suku.html

Makna Dan Filosofi Badik Untuk Suku Bugis - Makassar

Setiap suku di Indonesia memiliki senjata yang dimiliki secara turun temurun, dan itu dipelihara bahkan ada sebagian yang sangat dihormati dan bahkan dikeramatkan, sehingga memiliki nilai tersendiri bagi masyarakatnya, Misalnya keris bagi orang jawa, rencong bagi orang Aceh, celurit bagi orang Madura, badik bagi orang Makassar-Bugis, dan lain-lain.
Bagi Orang bugis-Makassar, badik adalah suatu kehormatan, bahkan dianggap tidak menjadi laki-laki dirinya kalau tidak dengan badik bahkan badik dianggap pendamping hidup. Menurut orang bugis-makassar, badik adalah pelengkap rusuk kiri laki-laki, pleh karenanya posisi badik selalu diselipkan disebelah kiri. Karena itu badik bagi orang bugis- Makassar, bukan sekedar gagahan atau digunakan tidak pada tempatnya, apalagi jika sembarang dipakai atau digunakan. Bagi orang Makassar, ketika badik sudah tercabut dari banuanna (sarungnya), itu berarti kehormatan sudah diambang batas, artinya tidak ada lagi jalan lain yang dapat di tempuh, sehingga ketika badik keluar dari sarungnya itu berarti sudah pertarungan antara hidup dan mati, karena itu menyankut sirik yang harus dipertahankan.

Monday, 7 February 2011

Keris Jangkung Karna Tinanding - Keleng




Dhapur : Jangkung Karno Tinanding
Luk : 3
Pamor : -
Jenis Besi : Keleng (Pangawak Waja)
Tangguh : Estiminasi Pajajaran sepuh
Ukuran :
- Panjang Bilah : 36cm + Handle : 46cm
- Panjang Pesi : 6cm
- Lebar Ganja : 8cm
Warangka & kelengkapan keris :
Model Gayaman Surakarta (new made)
Bahan Kayu : unknown ?
Handle model gondoriko Madura (new made)
Bahan : fiber (new made)
Kondisi : Bilah utuh dan sudah diwarangi
Keterangan lain : ada pamor seperti sumur bandung, kecil 2 buah pada bagian sor-soran.

Tentang Keris besi keleng :
keris tanpa pamor (keleng/ wulung) konon merupakan keris yang dibuat dengan lebih mementingkan garapnya tanpa “diganggu” dengan gemerlapnya pamor, keris tanpa pamor ini juga sebagai keris yang mementingkan aspek spritual dengan laku dan proses pembuatan oleh Sang empu.

dari http://goedangdjadoel.com/2011/02/keris-jangkung-karna-tinanding-keleng/