Monday 5 October 2009

Hakikat Sembahyang

HAKEKAT SEMBAHYANG :

Berdiri menyaksikan diri sendiri, kita bersaksi dengan diri kita sendiri, bahwa tiada yang nyata pada diri kita… hanya diri bathin (Allah) dan diri zahir kita (Muhammad) adalah yang membawa dan menanggung rahasia Allah SWT. Hal ini terkandung dalam surat Al-Fatehah yaitu :

Alhamdu (Alif, Lam, Ha, Mim, Dal)

Kalimat alhamdu ini diterima ketika rasulullah isra’ dan mi’raj dan mengambil pengertian akan hakekat manusia pertama yang diciptakan Allah SWT. Yaitu : Adam AS. Tatkala Roh (diri bathin) Adam AS. Sampai ketahap dada, Adam AS pun bersin dan berkata alhamdulillah artinya : segala puji bagi Allah

Apa yang di puji…. Adalah : zat (Allah) , Sifat (Muhammad), Asma’ (Adam) dan Af’al (Manusia):

 

Jadi sembahyang itu bukan sekali-kali berarti :

Menyembah, tapi suatu istiadat penyaksian diri sendiri dan sesungguhnya tiada diri kita itu adalah diri Allah semata. Kita menyaksikan bahwa diri kitalah yang membawa dan menanggung rahasia Allah SWT. Dan tiada sesuatu pada diri kita hanya rahasia Allah semata serta.. tiada sesuatu yang kita punya : kecuali Hak Allah semata. Sesuai dengan firman Allah dalam surat Al-Ahzab 72 Inna ‘aradnal amanata ‘alas samawati wal ardi wal jibal.  Fa abaina anyah milnaha wa’asfakna minha wahamalahal insanu.

Artinya : “sesungguhnya kami telah menawarkan suatu amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung tapi mereka enggan menerimannya (memikulnya) karena merasa tidak akan sanggup, lantas hanya manusia yang sanggup menerimanya”

 

Dan karena firman Allah inilah kita mengucap :

Asyahadualla Ilaaha Illallah Wa Asyahadu Anna Muhammadar Rasulullah”

Yang berarti :

 Kita bersaksi dengan diri kita sendiri bahwa tiada yang nyata pada diri kita sendiri hanya Allah Semata dengan tubuh zahir kita sebagai tempat menanggung rahasia Allah dan akan menjaganya sampai dengan tanggal yang telah ditentukan. Manusia akan berguna disisi Allah jika ia dapat menjaga amanah Rahasia Allah dan berusaha mengenal dirinya sendiri. Karena bila manusia dapat mengenal dirinya, maka dengan itu pulalah ia dapat mengenal Allah.

Hadits Qudsi…. “MAN ARAFA NAFSAHU FAKAT ARAFA RABBAHU”

Artinya : Barang siapa mengenal dirinya maka ia akan mengenal Allah

ALIF  ITU ARTINYA     :       NIAT SEMBAHYANG

LAM  ITU ARTINYA     :       BERDIRI

HA  ITU ARTINYA        :       RUKU’

MIM  ITU ARTINYA      :       DUDUK

Perkataan pertama dalam sembahyang itu adalah : Allahu Akbar (Allah Maha Besar) Perkata ini diambil dari peringatan ketika sempurnanya roh diri Rahasia Allah itu dimasukkan kedalam tubuh Adam AS. Adam AS. Pun berusaha berdiri sambil menyaksikan keindahan tubuhnya dan berkata : Allahu Akbar (Allah Maha Besar).

 

 

 

Dalam sembahyang harus memenuhi 3 syarat :

1.             Fiqli (perbuatan)

2.             Qauli (bacaan)

3.             Qalbi (Hati atau roh atau qalbu)

 

MENGAPA KITA SEMBAHYANG SEHARI SEMALAM 17 RAKAAT :

Adalah mengambil pengertian sebagai berikut :
Hawa, Adam, Muhammad, Allah dan Ah ( )
1.    AH ( ) itu menandakan sembahyang subuh.......”2”rakaat yaitu…Zat dan Sifat
2.   ALLAH itu menandakan sembahyang Zohor “4” rakaat yaitu :Wujud,Alam,Nur dan Syahadat.
3.   MUHAMMAD itu menandakan sembahyang Asar “4” rakaat yaitu : Tanah,Air,Api dan Angin.
4.   Adam itu menandakan sembahyang Magrib “3” rakaat yaitu :Ahda,Wahda,dan Wahdia.
5.   HAWA itu menandakan sembahyang Isya “4” rakaat yaitu : Mani,Manikam,Madi dan DI.

 

MENGAPA KITA MENGUCAP DUA KALIMAH SYAHADAT 9 KALI DALAM 5 WAKTU SEMBAHYANG 

                                                                                                            

Sebab diri bathin manusia mempunyai 9 wajah. Dua kalimah syahadat pada :

 

Sembahyang SUBUH 1 kali itu memberi kesaksian pada wajah kita pada martabat SIRUSIR (Rahasia didalam Rahasia)

Sembahyang ZOHOR 2 kali memberi kesaksian pada wajah kita pada martabat SIR dan AHDAH

Sembahyang ASAR 2 kali memberi kesaksian pada wajah kita pada martabat WAHDA dan WAHDIA

Sembahyang MAGHRIB 2 kali memberi kesaksian pada wajah kita pada martabat AHAD dan MUHAMMAD

Sembahyang ISYA 2 kali memberi kesaksian pada wajah kita pada martabat MUSTAFA dan MUHAMMAD

 

MENGAPA KITA HARUS BERNIAT DALAM SEMBAHYANG

Karena : niat itu merupakan tiang sembahyang.

Hakekat niat letaknya pada martabat alif dan ataupun kalbu manusia didalam sembahyang itu kita lapazkan didalam hati :

Niat sbb : “aku hendak sembahyang menyaksikan diriku karena Allah semata-mata.”

 

Dalilnya :

 

LA SHALATAN ILLA BI HUDURIL QALBI

(Artinya : Tidak Sah Shalat Nya Kalau Tidak Hadir Hatinya (Qalbunya)

 

LAYASUL SHALAT ILLA BIN MA’RIFATULLAH  (

Artinya : Tidak Syah Sholat Tanpa Mengenal Allah)

 

WAKALBUL MU’MININ BAITULLAH  

(Artinya : Jiwa Orang Mu’min Itu Rumahnya Allah

WANAHNU AKRABI MIN HABIL WARIZ

(Artinya : Aku (Allah) Lebih Dekat Dari Urat Nadi Lehermu)

 

IN NAMAS SHALATU TAMAS KUNU TAWADU’U
(Artinya : Hubungan Antara Manusia Dengan Tuhannya Adalah Cinta. Cintailah Allah Yang Karena Allah Engkau Hidup Dan Kepada Allah Engkau Kembali. (H.R. Tarmizi)

 

AKI MIS SHALATA LI ZIKRI
(Artinya : Dirikan Shalat Untuk Mengingat Allah (QS. Taha : 145)

 

Sedangkan :

Al-Fatehah ialah merupakan tubuh sembahyang. Tahayat ialah merupakan hati sembahyang

Salam ialah merupakan kaki tangan sembahyan

 

HAKEKAT AL-FATEHA DALAM SHALAT

Membersihkan hati dari syirik kepada Allah SWT - Mengingat kita bahwa tubuh manusia itu mempunyai 7 lapis susunan jasad yaitu :

Bulu - Kulit - Daging - Darah - Tulang - Lemak - Lendir

 

7 ayat dalam Al-Fatehah merupakan tawaf 7 kali keliling ka’bah.

 

HAKEKAT ALLAHU AKBAR DALAM SHALAT IALAH :

 

“Mengambil makna ucapan Nabi Adam AS. Ketika berdiri menyaksikan dirinya sendiri dan Nabi Adam AS. Mengucap kalimah Allahu Akbar.  Peristiwa ini merupakan tajali (perpindahan) diri rahasia Allah sehingga dapat di tanggung oleh manusia dengan 4 perkara yaitu :

 

1. Wujud   2. Ilmu  3. Nur    4. Syahadat

Perkataan Allah pada Allahu Akbar mengandung magna atau martabat zat sedangkan perkataan “Akbar” pada Allahu Akbar mengandung makna atau martabat : sifat.

Jadi zat dan sifat itu tidak boleh berpisah, zat dan sifat sama-sama saling puji memuji

 

DALAM SHALAT ITU JUGA MENGANDUNG HAKEKAT ZAKAT.

Hakekat zakat dalam shalat ialah :

Mengandung makna     “    Pembersih hati “ dari pada syirik kepada Allah SWT.

“ Iiya Kanak Budu Wa Iiya Kanasta’in” - Hanya kepada Allah lah aku menyembah dan hanya kepada Allah lah aku mohon pertolongan

 

marifattulah.yolasite.com/hakikat-sembayang.php

20 comments:

Terimakasih Paduka..atas pencerahan yang penuh penuh bermakna ini..salam dari Engku

pencerahan pecahan yg tersirat. tirai yg dibuka memberikan kepuasan dalam pengertian dan perbuatan.

layak kah allah tu di sembah...????sama kah sembahyang dengan solat???? sama2 kita renung dan baiki..minta petunjuk dari allah...hebat allah..

ini cuma permasalahan istilah...sembahyang ...sembah yang Esa iaitu Allah s.w.t. Berbalik kpd asas...mana tujuan kita sudah pasti hati dan fikiran tahu tujunya hanya kpd Allah s.w.t. Maka dari itu, kita pula menunjukkan ketaatan melalui solat serta menurut perintah2nya.

terpulang pada diri yg di miliki....saya hanya menyampai apa yg perlu.....he..he...

memahami ...mengenal....menghalusi....

memperhalusi...menghayati...dan sebati...

......................................mmmm

sekadar....... memerhati..... menanti......mati..... mengadap Allah.....

sssssshhhhh....jangan open sangat, ramai jadi keliru

sama2 kita tegakkan amanah Allah..

dah di perbetul kan...tahniah...saudara woswutah

Terima kasih brader, penerangan hakikat sembahyang ni gerek habis!! Tapi jgn terlalu terbuka sgt rahsiaNYA, takut nanti org umum ingat kita jalan songsang pulak...Tapi apa peduli, Lakum dinukum walliyaddin

Post a Comment